Terkadang seseorang tidak menyadari pentingnya cuci tangan pakai sabun sebelum menyusui, karena ini merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bayi mengalami diare.

Di Indonesia akan kesakitan akibat diare masih tinggi dan seringkali menjadi kasus kejadian luar biasa (KLB) yang bisa berujung pada kematian. Hasil kajian morbiditas diare di masyarakat pada 2010 menunjukkan kejadian diare pada bayi rata-rata 1,5 kali dan diare pada balita rerata 1,2 kali.

“Ingatkan para ibu untuk cuci tangan pakai sabun dan puting susunya sebelum menyusukan bayinya,” ujar Menkes dr Nafsiah Mboi, SpA, MPH dalam acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia di SDN 04, 05 dan 06 Karet Pagi, Setiabudi, Jakarta, Senin (15/10/2012).

Hal ini karena angka kematian bayi terbilang tinggi yang salah satu penyebabnya karena terjadi penularan penyakit dari tangan ibu ke bayi saat sedang menyusui. Untuk itu perilaku cuci tangan pakai sabun menjadi hal yang penting dalam upaya pencegahan risiko perkembangan penyakit dan kematian pada bayi.

Sayangnya, saat ini masih banyak orangtua yang tidak tahu bahaya yang bisa timbul jika ia tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyusui. Ini disebabkan kurangnya promosi yang dilakukan oleh tenaga medis profesional terhadap ibu-ibu menyusui.

Sementara itu perwakilan UNICEF untuk Indonesia, Angela Kearney menuturkan data WHO memperkirakan infeksi diare mengancam kehidupan 1,87 juta anak balita setiap tahunnya di seluruh dunia. Kondisi ini membuat diare jadi penyebab kematian bayi dan balita kedua terbanyak setelah pneumonia.

“Setiap tahun, lebih dari 31.000 anak-anak di Indonesia tidak dapat merayakan ulang tahun kelima mereka karena penyakit yang sebenarnya bisa kita cegah dengan perilaku sederhana, cuci tangan pakai sabun (CTPS),” ujar Angela.

Angela menuturkan CTPS dapat mengurangi hampir setengah kasus kejadian diare dan seperempat kasus infeksi pernapasan termasuk pneumonia. Serta risiko penyakit lainnya seperti mata dan infeksi kulit.

Oleh: Vera Varah Bararah – detikhealth

About cahayabidan

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah)

Leave a comment